Bagi Anda yang berkunjung ke Solo dan mau mencari batik, mampir saja ke Kampung Batik Laweyan. Sesuai namanya, seisi kampung ini dihuni oleh pengrajin batik yang menjual berbagai jenis batik. Anda juga bisa belajar membatik.

Memasuki gang sempit di Laweyan dengan dinding beton yang catnya sudah lusuh, mengingatkan kami pada kota tua di Kawasan Jakarta Kota sebelum dilakukan renovasi. Namun di dalamnya tersimpan keindahan seni Batik Solo.

Memasuki jalan Laweyan, kesan pertama biasa saja. Rumah-rumah berjejer yang dimanfaatkan pemiliknya untuk memajang batik dagangan. Kalau dibandingkan dengan Trusmi Cirebon, sungguh ini sangat biasa.

Tapi ternyata, apabila kita memasuki gang-gang kecil lebih ke dalam, baru terasa keunikan Kampung Batik Laweyan. Rumah-rumah khas Solo di balik dinding pagar beton yang sudah lusuh catnya, ternyata menyimpan keunikan dan keindahan seni budaya batik daerah ini.

Semula kami ragu saat ditawari oleh seorang bapak untuk memasuki gang. Beliau menunjuk sebuah rumah yang dari kejauhan terlihat jajaran batik di gantungan.

Dengan mengajak serta yang lainnya, kami memasuki gang sempit dengan dinding beton yang catnya sudah lusuh. Sekilas suasananya mengingatkan kami pada Kawasan Kota Tua di Jakarta sebelum dilakukan renovasi.

Kami dipersilakan masuk melihat-lihat sebuah rumah yang digunakan untuk memasarkan kerajinan khas Solo. Kain batik, gerabah dari tanah liat, dan kerajinan khas Solo lainnya tertata indah di tempatnya. Yang membuat kagum, terdapat juga hiasan dinding yang di dalamnya terdapat motif kuno batik Solo.

Motifnya bervariasi, antara lain tirto tejo, kawung, slobok, sidomukti, nogo sostro, ceplok trenggeling, pisang bali, pintu retno, parang pentil, sidomulyo, satrio wibowo, lapis, parang liris, parang garong, parang kesit, suryo kusumo, liris putih, kantil, kuncoro, dan gringsing.

Hayo suka yang mana? Saya suka yang motif tirto tejo. Kalau motif kawung merupakan salah satu motif yang dianggap sakral dan hanya dipakai oleh keluarga kerajaan.

Motif Slobok biasa digunakan untuk melayat, sedangkan motif sidomukti digunakan untuk pengantin. Nah, jangan salah menggunakan motif batik ya traveler.