Keberadaan tongsis alias togkat narsis alias monopod di kawasan konser memang sangat terasa 2-3 tahun terakhir. Sudah hal lumrah kalau penonton konser membawa tongsis sebagai salah satu perlengkapan menikmati idola.

Namun tak jarang tongsis juga mengganggu jalannya konser itu sendiri. Kalau cuma satu mungkin tidak, tapi bagaimana kalau ratusan orang mengangkat bersama-sama?

Itu kenapa, hampir seluruh festival musik besar di Amerika Serikat, melarang keberadaan tongsis. Dilansir NME, Senin (30/3/2015), tongsis alias monopod masuk ke dalam daftar ‘Barang yang Dilarang’ dengan nama ‘Selfie sticks / Narcisists’. Bonnaroo, Governors Ball, Sasquatch, Lollapalooza Hingga Coachella adalah festival yang sudah memberlakukan peraturan itu.

Sebetulnya, pelarang keberadaan tongsis pada gelaran konser sudah lebih dulu dimulai oleh Inggris. Namun Inggris tidak melakukannya berdasarkan nama acara, melainkan tempat. Seluruh acara musik yang digelar di O2 Academy Brixton, London’s O2 Arena dan SSE Wembley Arena resmi melarang tongsis.

“Selfie kini menjadi salah satu pengalaman sebuah konser. Tapi karena kami melarang tongkat pembantunya, jadi kembalilah gunakan tanganmu untuk mengambil foto terbaik,” tegas juru bicara SSE Wembley Arena tentang pelarang tongsis di tempatnya.