YouTube sedang mempersiapkan streaming video 360 derajat, demikian berita yang beredar dikalangan internal Youtube.

Kehadiran video format 360 derajat dapat dikatakan sebagai layanan baru bagi penyajian konten visual digital. Seseorang bisa melihat tayangan dari berbagai sudut pandang (360 derajat), sehingga serasa nyata berada di suatu tempat.

Kelebihan itulah agaknya yang memancing YouTube mengulik lebih dalam pemanfaatan format video 360 pada layanannya. Dikutip dari Gizmodo, YouTube sedang menyiapkan kemampuan untuk live-streaming video 360.

Hal itu dikatakan sebuah sumber di Youtube yang ikut dalam proyek tersebut. Menurut dia, sudah ada beberapa tahap telah dilakukan YouTube untuk merealisasikan rencana tersebut.

“YouTube telah bertatap muka dengan beberapa vendor kamera 360, untuk membicarakan fitur penyiaran streaming video 360 pada platform miliknya” kata sumber tersebut.

Belum terlacak vendor mana saja yang telah bertemu dengan YouTube. Namun untuk diketahui, saat ini saja sudah ada banyak kamera yang mendukung kreasi konten visual 360 derajat, seperti Nokia Ozo dan Bulbcam.

Walaupun demikian, baru sebagian kecil di antaranya yang cukup bisa diandalkan untuk siaran langsung video 360 derajat.

Terlebih, tata cara fitur tersebut di YouTube belum dijelaskan secara spesifik. Masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab.

Misalnya, bagaimana jika pengguna YouTube yang tak punya kamera 360 bisa melakukan siaran langsung berformat 360? Serta pertanyaan, jaringan internet sekencang apa yang dibutuhkan?

Karena, video 360 derajat yang menawarkan pandangan ke segala arah bakal membutuhkan memori besar. Untuk mengunggahnya ke dunia maya – apalagi dengan cara live streaming – akan sangat berat dan memakan banyak bandwidth.

Terlepas dari hambatan-hambatan tersebut, sumber orang dalam pada proyek tersebut mengatakan rencana YouTube sudah di depan mata. Kita tunggu saja bagaimana realisasinya.